Penikmat Kuliner Indonesia Harus Datang Nih Menikmati Kuliner Khas Palembang

Siapa  yang tidak kenal Pempek? Kuliner lezat asal Palembang yang dibuat dari ikan itu memang telah populer di pelosok negeri Indonesia. Tapi nyatanya Palembang tidak hanya punya Pempek. Masih banyak sekali kuliner enak lainnya yang wajib kamu cicipi ketika berwisata ke Kota Palembang. Satu kali coba, di jamin ketagihan deh! Buat para penikmat kuliner Indonesia, kamu semua harus datang ke Palembang dan menikmati kuliner asli sana yang nikmat:

Pempek Palembang

Yup, pokoknya sayang banget kalo datang ke Palembang tanpa menjajal Pempek asli Palembang. Sekedar info, Pempek merupakan santapan yang dibuat dari daging ikan giling+tepung sagu, lalu diberi bumbu akhirnya direbus. Cita rasanya khas, dengan rasa ikan. Kelezatan Pempek semakin lengkap bila dimakan bareng cuko, yakni kuah yang dibangun dari gula merah, cabe, bawang putih, asem, dan udang ebi. Mantap! Apa aja sih bahan-bahan pembuatan Pempek? Mulanya, Pempek dibikin dari daging ikan belida yang banyak sekali ditemukan di Sungai Musi. Tapi sekarang populasi ikan belida sudah amat sedikit, hingga kerap diganti ikan tenggiri maupun ikan gabus. Sejumlah varian Pempek antara lain Kapal Selam yang diisi dengan telur, Lenggang, Panggang, Lenjer, Adaan, dan Kulit. Masing-masing Pempek punya citarasa yang khas juga nikmat.

Tekwan

Selain Pempek, kuliner khas Palembang yang sangat banyak penggemarnya ialah Tekwan. Makanan ini semacam sup yang bahan dasarnya ialah bola-bola ikan yang ditambah sagu, dengan tekstur kian lembut dari Pempek. Tekwan disajikan panas-panas bersama soun, irisan bangkuang, jamur kuping, bunga sedap malam, dengan kuah kaldu hewan udang yang gurih juga taburan bawang goreng dan seledri. Amat lezat dimakan ketika malam hari ataupun ketika hujan, apalagi ditambah sambel cabai rawit pedas dan segar. Yummy! Dimana Tekwan bisa ditemui? Biasanya tiap restoran yang jual Pempek pun menjual Tekwan. Semacam restoran “Sudi Mampir” maupun “Pempek Ladera”.

Model

Model ini sebagaimana gabungan Pempek dan Tekwan. Kuliner disuguhkan dengan kuah kaldu udang yang dipadu cuko supaya rasanya makin mantap. Ada 2 jenis Model, yakni Model Gandum yang dibuat dari olahan tepung terigu lalu digoreng, dan Model Ikan yang bahannya dibuat dari ikan, semacam Pempek. Model Ikan lengkap dengan tahu goreng. Normalnya disajikan dengan kombinasi bihun, ebi, timun, jamur kuping serta bawang goreng. Kamu bisa menjajal model di resto-resto yang jual Pempek.

Mie Celor

Kuliner ini ialah hidangan mie unik ala Palembang. Mie Celor ialah mie yang lurus dan kenyal juga berkuah, disajikan dengan kuah santen yang kental bersama bumbu kaldu udang. Cita rasanya gurih juga nikmat, apalagi bila dimakan dengan tambahan telur rebus, abon udang, sledri, daun bawang, serta bawang goreng. Mie kenyal, disantap panas-panas, dipadu gurihnya udang serta santen akan menjadikan kamu mow lagi. Nah, kalau kamu penasaran, ketika di Palembang jangan lupa berkunjung ke restoran “Mie Celor 26 Ilir H. M. Syafei Z.” ada di Jln. K. H. Ahmad Dahlan. Itulah warung makan Mie Celor yang begitu populer di kota Palembang.

Martabak HAR

Nah, ini nih satu lagi kuliner nikmat yang tidak boleh terlewat bagi para penikmat kuliner Indonesia. Martabak HAR ialah modifikasi martabak India, kreasi alm. H. Abdul Rozak, owner restoran keturunan India yang kawin dengan wanita Palembang. Martabak HAR punya kulit tipis dan renyah, terdiri dari dua butir telur. Keistimewaan martabak itu ialah di kuah karinya yang kerap diberikan daging cincang, potongan-potongan kentang dan cabe rawit. Cita rasa karinya sangat nikmat, dengan rempah-rempah yang pas, tak begitu menyengat semacam kari India. Kuah kari biasanya ditambahkan cuka asam hingga menimbulkan rasa pedas asam yang mantap.

Leave a Reply

Your email address will not be published.