Ramon Wilson, Salah Satu Pahlawan Inggris di Piala Dunia 1966

Salah satu pahlawan tim nasional Inggris di ajang Piala Dunia 1966, Ray Wilson terlahir di wilayah timut laut Bolsover, Shirebrook, Derbyshire, Inggris. Pemain yang memiliki nama lengkap Ramon Wilson merupakan salah satu pemain veteran tim nasional Inggris yang berhasil menghantarkan Inggris untuk pertama kalinya menggondol trofi Piala Dunia di tahun 1966. Memang, banyak kalangan pecinta sepakbola dunia yang tidak tahu siapa itu Ray Wilson. Padahal, Ray Wilson adalah salah satu pemain dari sebelas skuat terbaik yang dimiliki tim nasional Inggris, yang saat itu berhasil mempersembahkan trofi supremasi tertinggi di dunia yaitu Piala Dunia untuk pertama kalinya bagi negeri tempat lahirnya olahraga sepakbola.

Ramon Wilson

Dan hari paling bersejarah bagi masyarakat pecinta sepakbola Inggris tersebut jatuh pada tanggal 30 Juli 1966. Tampil di hadapan 96.924 penggemar fanatik olah raga yang menjadi kebanggan masyarakat luas di Inggris, yang memadati penuh Stadion Wembley, London, Ray Wilson dan para kompatriotnya berhasil menumbangkan tim kuat Jerman Barat dalam partai puncak Piala Dunia tahun 1966. Hasil akhir 4-2 menghantarkan tim The Three Lions mengukir sejarah untuk pertama kalinya setelah berhasil memenangkan trofi Piala Dunia, yang ketika itu masih bernama Piala Jules Rimet.

Tiga dari empat gol yang berhasil disarangkan oleh tim nasional Inggris tercipta dari kaki striker Inggris, Geof Hurst, sekaligus menasbihkannya sebagai satu-satunya pemain Inggris yang berhasil mencetak 3 gol (hattrick) di partai final Piala Dunia. Namun, Tidak hanya nama Geof Hurst yang dikenang sebagai pahlawan tim nasional Inggris kala itu, semua anggota tim, termasuk Wilson, dan pemain tertua di dalam skuat Alf Ramsey saat itu, tidak akan pernah terlupakan oleh masyarakat pecinta sepakbola di Inggris hingga saat ini. Bahkan masih di tahun yang sama, Ray Wilson juga berhasil menghantarkan Everton meraih gelar Piala FA. Everton adalah klub asal Inggris yang dibela oleh Ray Wilson sejak tahun 1964.

Berdasarkan catatan disini, Sebelum Ray Wilson bergabung dengan The Toffees, Ray Wilson telah merintis karier sepakbolanya di Huddersfield Town, adalah sebuah klub yang bermain di Divisi 2 Inggris. Padahal sebelumnya, Ray Wilson sama sekali tidak pernah berniat untuk serius terjun menjadi pemain sepakbola profesional. Alih-alih ingin fokus bermain bersama timnya, Ray Wilson malah mencari kerja sampingan di malam harinya sebagai pegawai magang di stasiun kereta api. Namun semuanya berubah kala Ray Wilson dipanggil untuk bergabung bersama tim nasional Inggris. Ray Wilson akhirnya memutuskan untuk pensiun dari lapangan hijau pada tahun 1971. Sebelum pensiun, sebulan sebelumnya Ray Wilson sempat menjadi manajer sementara klub Bradford City, yang merupakan klub terakhir yang Ray Wilson bela.

Tidak seperti kebanyakan para pemain veteran lainnya yang terus melanjutkan kariernya di seputaran bisnis sepakbola, Ray Wilson justru lebih memilih jalur yang berbeda. Ray Wilson mendirikan usaha rumah pemakaman yang bertempat di Huddersfield hingga akhirnya penisiun di tahun 1997. Dan di tahun 2000, Ray Wilson dan empat kompatriotnya ketika memenangi gelar Piala Dunia 1966, mendapatkan anugerah berupa gelar kehormatan MBE dari kerajaan Inggris,. Tak berhenti di situ, tahun 2008, nama Ray Wilson pun dimasukkan ke dalam daftar English Football Hall of Fame. Temukan berita lainnya di halaman blog bola ini https://agenbola.io/category/berita-bola/

Leave a Reply

Your email address will not be published.